SD Muhammadiyah Laskar Pelangi di Belitung

Siapa yang pernah nonton laskar pelangi? Salah satu film yang diangkat dari sebuah kisah nyata yang sangat mengharukan ini rupanya melakukan syuting di belitung. Nama sekolahnya yaitu SD Muhammadiyah yang tampak sudah sangat lusuh sekali.

Kemaren, tim mampir ke salah satu sekolah yang paling hits di Belitung. Meskipun cuma replikanya, sekolah ini hits karena menjadi sekolah dari Lintang CS di film Laskar Pelangi.

Ya, SD Muhammadiyah. SD ini terlihat tua dan sepertinya disenggol sedikit saja roboh. Lokasinya berada di atas gundukan pasir putih. Kalau melihat kedalam, rasanya sih miris. Kursi dan Meja yang tidak layak pakai. Lantai tanah. Ya, mungkin properti film dibuat seperti ini.

Nah, katanya sekolah aslinya sih udah diperbaiki, letaknya juga di Kota Gantung. Hmmm, tapi kasihan juga yah kalau harus belajar di sekolah seperti ini. Bersyukurlah bagi temen-temen yang mendapatkan pendidikan ditempat yang layak. Jadi mulai mikir SKRIPSI yang belom kelar, duh pendidikan ayo ah!

Nah, pagi gini udah ngopi belom? Bagi kamu para pecinta kopi, belum afdhal kalau main ke Belitung tapi nggak mampir ke Manggar. Kota Manggar lebih dikenal dengan kota 1001 warung kopi. Lho kok bisa?

Selama perjalanan keliling Manggar, ada sih beberapa spot menarik seperti pantai Serdang, Pantai Nyiur Melambai, dan Bukit Samak. Tapi yang lebih terkenal di Kota Manggar adalah banyaknya warung kopi. Bahkan sampai disebut 1001 warung kopi. Entah sejarah pastinya gimana, yang Yud sempat tanyakan ke warga sekitar dulu biasanya para penambang timah setiap sorenya selalu ngopi, dan berkembanglah warung kopi itu sampai sekarang. Warung kopi inj juga sebagai tempat ngumpul dan bercengkerama, pusat informasi, lowongan pekerjaan, bahkan gosip dibahas di warung kopi ini! Bahkan ada warung kopi yang tua banget, seperti warung Kopi Anui. Kopi yang dijualnya pun rasanya khas banget. Biasa disebut kopi-O.

Jadi kalau yang main ke Belitung dan ngaku coffee addict, rugi besar kalau ga mampir kesini. Di setiap gang, selalu ada warung kopi. Serius banyak banget!

Yuk, ngopi pagi ini! Kamu sukanya kopi apa?