Resep Masakan yang Cocok dengan Lidah Orang Indonesia

Yamkhe / ayam garam

2 ato 3 ayam kampung utuh ya bersihkan isi dalamnya tiriskan
3 ruas jahe potong2
2 bungkus bumbu ayam garam beli jd
2 sdm angciu untuk satu ayam ya
Aluminium foil secukupnya

Siapkan aluminium foil
Bagi jadi 3 / 2 bumbunya olesin badan ayam sampai rata dan tuang ke dalam badan ayam lalu masuk ampla, beberapa potong jahe, 2 sdm angciu ke dalam badan ayam bungkus yg rapi ,kemudian bungkus lagi jadi dobel bungkusnya ,baru kukus selama lebih kurang 1.1/2 jam.

Sambel
Cabe rawit
Kecap asin angsa
Bawang putih cincang
Minyak wijen

Terong cah ebi

Ini cuma pakai :
Terong potong kecil goreng
Bawang merah iris
Bawang putih cincang
Ebi rendam tumbuk kasar
Cabe rawit iris
Kecap asin angsa
Gula dikit aja
Kaldu jamur
Lada

Terong goreng sebentar
Tumis duo bawang dan ebi sampai wangi masukkan, cabe, terong kecap asin dan penyedap rasa aduk rata angkat.

Sambel dabu dabu

Ikan cakalang asap ini fresh bangeettt dapat langsung dari Ambon.
Dagingnya wangi bangeett dan enakk. Ini cakalangnya aku oven 30 menit makan ama Sambel dabu dabu joss bangeettt.

Segemgam cabe rawit iris
8 siung bawang merah iris
6 bh tomat ijo iris
1/2 sdt terasi bakar haluskan
Gula
Garam
2 bh jeruk nipis
2 sdm minyak panas

Campur cabe, bawang, tomat, terasi, gula, garam aduk rata siram minyak panas aduk rata baru masukan perasan air jeruk nipis tes rasa manis,asin, asem nya klu udh ok siap dihidangkan.

Ikan asin balado

Masih ada sisa ikan asin gabus di masak balado pake daun basil hasil kebun, kalau gak ada daun basil ganti daun kemangi sama aja oke

Secukupnya ikan asin gabus goreng
2 papan pete
2 lembar daun salam
1 ruas lengkuas keprek
2 sdm air asem kental
Secukupnya daun basil / daun kemangi

Tumbuk kasar :
10 bh bawang merah
6 siung bawang putih
Segemgam cabe rawit
Segemgam cabe merah keriting
1/2 sdt terasi

Penyedap rasa:
Gula
Garam
Kaldu jamur
Lada

Tumis bumbu halus , lengkuas, daun salam sampai wangi masukkan air asem kental, penyedap rasa tes rasa baru masukkan ikan dan pete aduk2 terakhir daun basil.

Masakan Sehat dan Bergizi untuk Keluarga Bahagia

Oseng2 ayam paprika

250 grm daging ayam iris kotak2
1 buah paprika
1/2 bawang bombai
3 bawang putih.
Kacang mete secukupnya.
Bahan seasoning.
Campur air, tepung maizena 1sdm, Kecap manis 1sdm, kecap asin secukupnya, minyak wijen 1sdm, saos tiram 2,5sdm lada bubuk.
Ambil 1/4 bagian campuran ini, lalu tuang di daging ayam aduk rata dan diamkan 15menit.
Tumis bawang putih dan bombai, masukan ayam, paprika dan sisa campuran air tadi. Terakhir masukan kacang mete, Masak hingga matang angkat.

Tim Kakap merah
Kalau ikannya fresh gini rasanya ciamik gak bau amis

1. Taburi ikan dengan jahe dan bawang putih lalu kukus hingga matang kurang lebih 15 menit
2. Campur air, saos tiram, kecap ikan, kecap asin rasa jamur, gula, lada bubuk lalu panaskan. (Test rasa)
3. Setelah ikan matang buang airnya dan jahe.
4. Tuang kuah yg dipanaskan tadi diatas ikan.
5. Tabur daun bawang dan daun ketumbar
6. Panaskan 2 sdm minyak goreng dan 1 sdm minyak wijen lalu siram di atas daun bawang & ketumbar.

Uda lama gak bikin pempek ni, tadi dpt ikan tenggiri 1ekor yg gepeng bening dan sekel  aku paling suka yang gepeng kenyal dan garing.

Bahan
1 ons cabe merah keriting rebus lalu tiriskan
10 butir bawang putih
250 ml air
55ml air jeruk sonkit
90gr gula pasir
1sdt garam
1,5 sdm terasi sangrai

Cara:
Blender cabe, bawang putih, terasi dengan air sampai halus.
Lalu tuang di panci, masak dengan api kecil.
Tambahkan gula, garam, air jeruk.
Jika sdh mendidih matikan api.
Sambal merah terasi siap disajikan bersama pempek rebus.

Ini bukan ayam geprek ya pemirsa.
Tapi telur krispi
Rasanya kreyes2 gurih.
Makan pakai sambal dan si ijo beeechhh maknyuzzzz… Tralala ..
Si cc jg suka. Bisa buat bekal sekolah ni.

Caranya mudah.
Telur kocok lepas lalu di dadar agak tebal.
Kalau aku caranya tuang sedikit2 di teflon (berlapis2) supaya tebal dan mirip bentuk ayam.
Celupkan telur dadar ke kocokan telur.
Gulingkan di tepung serbaguna. Ulangin 1x lagi, lalu ke bahan tepung sambil di aduk pakai tangan supaya dapat kesan krispinya
Lalu goreng dengan api sedang.
Bahan sambal, haluskan cabe, bawang putih, sedikit gula dan garam. Ulek kasar lalu siram dengan minyak panas dan tata diatas telur tadi.

Masakan Sehat yang Dapat Disajikan Dirumah

Sebagai seorang ibu rumah tangga, tentu saja kita ingin memberikan yang terbaik untuk keluarga. Nah, salah satu cara tersebut bisa dilaksanakan dengan menyajikan makanan enak yang dapat memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi keluarga anda. Simaklah beberapa resep mudah yang dapat menjadi ide untuk anda masak hari ini.

Resep Duck Air Flyer simple dan gampang.
1 ekor bebek muda cuci bersih kasih perasan jeruk nipis dan angciu.

Bumbu kering:
1sdm garam
2sdm gula pasir
1sdm bumbu Ngohiong
1sdm jahe bubuk
1/2sdm lada bubuk

Bumbu lainnya :
4bwg putih geprek
4bwg merah utuh
5btg daun bawang
2ruas jahe di iris.

Bahan oles:
100ml air
2sdm cuka anggur merah
3sdm madu
Beberapa tetes pewarna orange.

NGIDAM GEMBLONG.

Untuk saat ini mamak menghindari pasar dulu
Karena serem masih banyak yg gak pakai masker dan dempet2an. Namun, kamu bisa beli bahan masakan di aplikasi online ya.
Kebetulan ada kelapa parut dirumah jadi langsung bikin de gemblongnya.

Bahan :
250gr tepung ketan
100gr kelapa parut (yg 1/2 tua)
1/2sdt garam
70-100ml air.

Bahan luaran :
100gr gula merah
100gr gula pasir
70ml air.

Hi hi mat siang kali ini mamak bikin Ayam gulung kulit pangsit.
Bikinnya super gampang. Minim minyak jadi cucok banget yg lg diet.

Bahan2nya :

200gr daging ayam (dada+paha)
2 bwg merah
3 bwg putih
1sdt penyedap jamur.
1/2sdt lada bubuk
3/4 sdt garam
1 sdt gula pasir.
1sdm minyak wijen
2sdm peres sagu.
2 btg daun bawang iris.
Kulit pangsit secukupnya. (Beli yg khusus rebus ya)

Cara :
1. Choper duo bawang sampai halus, masukan ayam, dan semua penyedap. Chop lg kemudian masukan sagu.
Aduk rata. Tambahkan daun bawang.

2. Ambil 1/2 sdm adonan, gulungkan pd kulit pangsit. Lakukan smp habis.

3. Panaskan pan anti lengket, beri sedikit minyak.
Masukan ayam pangsitnya, masak dgn api kecil lalu tutup.

4. Jika bagian bawah sdh kecoklatan balik balik ayam pangsitnya.
Tuang air -/+ 70 ml, tutup lagi pannya lalu besarkan api.
Masak hingga air kering.
Angkat sajikan dgn saos kesukaan kalian.

Resep Masakan Khas Jawa yang Enak dan Nikmat

NASI KABSAH AYAM
Bahan :
. 1 ekor ayam potong 4 tanpa kulit
. 500gr beras basmati
. 3 tomat merah blender
. Oil olive/margarin untuk menumis
. 1ltr air putih

Bumbu cemplung :
. 7 cengkeh
. 8 kapulaga
. 1sdm merica hitam butir
. 3 kayu manis kecil
. 2 batang daun kari petik
. 3 daun salam
. Garam
. Kaldu ayam bubuk
. 1/2sdm kulit lemon parut
. 2 bombay rajang
. 2sdm pasta tomat(me;skip) habis
. 2 lemon kering (me;skip) ga punya
. 3 cabe ijo besar potong memanjang
. .
Bumbu halus :
. 1sdt jinten (sangrai)
. 1sdt ketumbar (sangrai)
. 2 ruas jahe
. 2 baput kating

Sambal blender :
. 1 tomat merah
. 3 cabe merah keriting
. 1 cabe ijo besar

Cara :
. Cuci beras rendam 1jam sisihkan
. Ayam kucuri jeruk nipis sisihkan
. Tumis bombay hingga layu, masukkan bumbu halus & bumbu cemplung aduk pelan sampai harum matang
. Masukkan ayam, air, tutup panci biarkan mendidih dengan api besar 20 menit
. Angkat ayam, tiriskan
( panggang 25 menit di teflon/microwave/oven ) sampai berwarna kemerahan
. Tuang beras ke panci yang telah mendidih aduk merata tutup panci 20 menit kecilkan api (sesekali dilihat & diaduk jangan sampai asat gosong)
. Sajikan taburi bawang goreng.

GARANG ASEM AYAM KAMPUNG
Bahan :
. 1 ekor ayam kampung potong kecil
. Daun pisang secukupnya (untuk alas)
. 65ml santan kara
. 150ml air putih
. 4 daun salam
. 3 ruas laos geprek
. Gulpas, garam, kaldu jamur

Bumbu iris :
. 4 baput kating
. 6 bamer
. 5 cabe merah keriting
. 5 cabe hijau besar
. 7 tomat ijo sedang

Cara :
. Siapkan wadah tahan panas
. Alasi dengan daun pisang di dalamnya
. Tata ayam, daun salam, laos, bumbu iris, garam, gulpas, kaldu jamur, santan, air
. Didihkan kukusan, kukus kurleb 35 – 40 menit
. Sajikan

TERANCAM
Bahan :
. 1/2 btr kelapa muda diparut
. 1/2 papan tempe potong dadu goreng garing

Bumbu uleg :
. 2 baput kating
. 3 daun jeruk
. 5 rawit merah
. 5 cabe keriting besar
. 4 cm kencur
. Gulmer
. Garam
. Kaldu jamur

Sayuran secukupnya :
. Kenikir dipetiki
. Kemangi dipetiki
. Timun rajang agak halus
. Kacang panjang rajang bulat
. Tauge pendek

Cara :
. Sayuran, tempe dituang di satu wadah
. Bumbu uleg, aduk rata dg kelapa parut. Tes rasa
. Disihkan kukusan, kukus kurleb 15 – 20 menit
. Setelah kelapa dingin urap merata ke sayuran & tempe
. Sajikan dg ikan asin atau sejenisnya

Kompyang Makanan Khas Ruteng

Selamat siang. Apa kabarnya siang ini ? Semoga selalu semangat dan sehat di senin ceria ini. Setelah mengunjungi Wae Rebo, Devmin pun kembali lagi ke Ruteng. Masih bersama travel mate Devmin, @yusni_mustafa kami masih meng-explore Ruteng.

Nah, kali ini kami sedang berada di sebuah sawah yang unik banget. Sawahnya berbentuk spider field atau jaring laba-laba. Masyarakat disini biasa menyebutnya dengan Lodok. Dalam bahasa manggarai, Lodok sendiri berarti titik pusat atau sentral sawah. Sementara layer-layer yang mengelilinginya di sebut Cicing. Satu kesatuan antara Lodok dan Cicing di sebut Lingko. Nah, tempat Devmin dan Yusni sekarang lagi foto di Lingko Lindang.

Selain mengunjungi sawah kamu juga bisa bertandang ke rumah adat-nya. Devmin sempat bertemu dengan beberapa tetua adat untuk mempelajari sejarah terbentuknya sawah berbentuk jaring laba-laba ini. (Nanti bakal Devmin bagi kalo kita udah masuk ke spot Flores ya, hehehe….) Kalo mau ke tempat ini, dari Ruteng nggak gitu jauh kok. Ambil arah ke kecamatan Cancar dengan jarak tempuh sekitar setengah jam. Biar enak sih naik sepeda motor aja. Kalo nggak ada bisa naik angkutan umum atau bemo seharga 10.000 rupiah, bilang aja turun di Pusat Informasi Desa Meler. Nah, dari situ kamu bakal di arahin ke spot-spot unik atau view point ke sawah-sawah yang cantik ini. Untuk tiket entrance sendiri, lokal hanya dikenakan Rp.5000 sementara mancanegara Rp.20.000.

So, kalo kamu ke Ruteng, tempat ini boleh jadi salah satu alternatif loh buat wisata. Last but not least, ada ungkapan selamat siang dalam bahasa manggarai : Tabe.

Di Ruteng juga ada salah satu kuliner khas yang sangat direkomendasikan oleh banyak orang. Kuliner satu ini berupa cemilan yaitu bernama kompyang. Nah, kompyang adalah temannya roti tawar yang berbentuk bulat dengan taburan wijen diatasnya.

Kompyang memiliki tekstur luar yang agak keras, namun dalamnya sangat lembut sekali. Biasanya kompyang ada yang tidak ada isi (polos), dan ada juga yang berisi daging babi, cokelat, kacang hijau, dan lain – lain.

Masyakarat sekitar biasanya menyantap kompyang ini sebagai sarapan ataupun cemilan di sore hari. Biasanya kompyang dimakan dengan cara dicelupkan ke kopi sehingga rasanya sangat nikmat sekali.

Sanggup Makan Dengkul Sapi? Cobain di Kokot Al Ghazali

Jalan – jalan ketika liburan belum pas kalau belum keliling menjelajahi kuliner legendaris yang ada di tempat – tempat tersebut. Kali ini kita akan jalan ke Madura dan ada salah satu makanan legenda yang menjadi tujuan setiap wisatawan yang berkunjung yaitu Kokot Al Ghazali.

Penasaran kuliner seperti apa kokot yang dimaksud dan menjadi tujuan seluruh pengunjung kota madura? Ini dia pengalaman Ashari Yudha yang dilansir dari instagramnya yang sudah bercentang biru. Oke. Sudah lama nggak bahas makanan, sekali bahas langsung makanan berat.

Udah pernah makan kaki sapi kan? Tapi pernah nyobain kaki sapi yang segede dinosaurus? Kalau ke Madura, kamu harus nyobain makan yang namanya Kokot alias tulang kaki sapi. Nah, di Kokot Al Ghazali ini, kaki sapi merupakan salah satu menu utama dan yang paling difavoritkan. Kamu bisa langsung sedot sumsumnya, pakai sedotan. Slrrrrp!!!

Kelezatan makanan andalan Depot Kaldu Al Ghazali ini tidak lepas dari cara pengolahan masakan yang penuh dengan kesabaran, sehingga akhirnya menghasilkan cita rasa kaldu lezat dengan bumbu racikan khas Madura dan lembutnya daging dan gajih yang menempel di tulang.

Tempat Makan Kokot Al-Ghozali adalah usaha turun temurun dari sebuah keluarga yang saaat ini diurus oleh Hj. Nur Hasanah (generasi ke-3). Beliau merupakan anak dari Abah Ghozali  dan tempat makan ini sudah sangat terkenal sejak 40 tahun yang lalu dalam mengelola depot kaldu ini. Berawal dari rumah makan sederhana, kini sop kaldu telah dikenal hingga luar Madura. Mantap nggak tuh?

Tapi asli, saking gedenya ini Kokot, saya gak sanggup makannya. Nggak habis! Padahal enak, ya tapi karena saking gedenya, jadi gak abis. Salut untuk Depot Al Ghazali karena membuat saya makan gak bisa habis, jarang-jarang nih saya makan gak habis hehe.

Kalau kamu pernah nggak makan apa gitu yang enak, tapi nggak habis karena saking besarnya itu porsi? Apakah biasanya kamu akan bagi dua sama teman yang makannya juga sedikit? Atau tetap bakal makan satu porsi?

Cara Membuat Macaron Perancis

Sebagai kue terpopuler yang berasal dari negara Perancis, macaron dapat memikat banyak sekali perhatian di negara lain karena, tekstur ari macaron yang berwarna menarik serta rasanya juga tak kalah lezat. Namun perlu anda ketahui bahwa macaron itu berbeda dengan macaroon kelapa yang mungkin sudah pernah anda lihat sendiri. Macaron terbuat dari adonan busa dengan krim yang ada di bagian tengahnya.

Di bawah ini adalah resep dan juga cara membuat macaron dengan adonan coklat dan krim ganache di bagian tengah, namun anda juga bisa menyesuaikan rasa macaron sesuai dengan selera anda sendiri.

Bahan Untuk Adonan:
– Garam
– 2 butir putih telur
– 2 gelas manisan
– 0,80 gelas tepung almond
– 4,5 sdm gula pasir
– 0,126 sdt krim tartar
– 0,24 gelas gula
– 2,5 sdm bubuk coklat

Bahan Untuk Krim:
– 2,5 sdm chocolate chip/ coklat yang sudah di parut
– 0,5 gelas krim

Cara Membuat Adonan:
1. Panaskan terlebih dahulu oven dengan 138 derajat celcius karena adonan macaron hanya di panggang di panas yang rendah agar macaron anda bisa mengembang dengan perlahan dan tidak menjadi hancu. Jika anda memnaskan oven terlalu panas maka anda pelu untuk memanggang nya dengan kondisi pintu oven harus sedikit terbuka.

2. Siapkan nampan panggangan yang telah di lapisi dengan kertas roti, karena pemanis yang akan anda gunakan sangat lah halus, jadi anda perlu untuk menggunakan kertas roti agar adonan macaron tidak menempel di nampam panggangan.

3. Campurkan bahan kering nya yaitu: tepung, pemanis, gara, dan bubuk coklat ke mangkok, lalu campurkan semua bahan hingga merata dan tidak endapan/gumpalan yang terlihat.

. Namun, jika tepung almond kasar maka anda anda perlu masukan adonan ke dalam blender agar dapat tercampur dengan bai, tapi jangan di blender terlalu lama karena adonannya akan mejadi mentega almond.

. Jika ingin mengganti rasa macaron maka jangan di ganti dengan menggunakan bubuk coklat.

4. Campurkan Bahan Basah yaitu: putih telur lalu di aduk hingga berubah seperti busa putih dan pastikan mangkok yang anda gunakan itu bersih dan juga kering atau tidak telur tidak akan membentuk seperti busa. kemudian masukan juga gula serta bahan basah lainnya, di campur hingga busanya menjadi padat dan terlihat mengkilap.

. Anda dapat menambah perasa lain seperti: ekstrak mint, vanila, atau dengan ekstrak almond. Anda hanya perlu memasukkan nya 1 sdt jika anda ingin menggunakan nya.

. Anda juga dapat memasukkan pewarna makanan agar macaron terlihat lebih berwarna dan juga menari. Gunakan lah warna yang cocok dengan rasa yang anda buat.

5. Gabungkan kedua campuran bahan tersebut ke dalam adonan basah.

6. Aduk lah adonan agar macaron memiliki tekstur yang lunak dan juga kenyal, adonan harus di aduk dengan menekan bagian tengah pada adonan menggunakan sendok atau pun spatula, lalu ambil adonan yang di samping untuk di pindah ke tengah, setelah itu letakkan lagi ke bagian tengahnya. Ulang sampai adonan memiliki tekstur seperti puding.

– Gerakan 10 hingga 12 kali atau hingga mencapai tekstur yang anda ingin kan.

– Jangan mengadnuk lagi jika adonan sudah mencapai tekstur yang anda ingin kan, karena akan membuat adonan menjadi encer dan meruka tekstur macaron.

Cara Membuat Dorayaki Yang Super Lembut Dan Enak

Dorayaki memiliki tekstur yang lembut dan enak sangat mudah untuk di buat. Dorayaki adalah kue tradisional yang berasal dari Jepang. Menurut orang Indonesia, kue dorayaki mungkin indentik dengan kartun doraemon, karena doraemon sangat menyukai makanan berwarna coklat satu ini

Kue dorayaki berbentuk bundar dan juga sedikit tembam, yang terbuat dari dua lembar panekuk yang di oles dengan selai kacang merah. Kue dorayaki mirip sekali dengan castella karena terkstur nya yang lembut serta adonan nya di beri sedikit madu, jadi tidak heran lagi jika kue manis satu ini di sukai semua orang.

Anda juga bisa mencoba untuk membuat kue dorayaki sendiri di rumah, tidak hanya di sukai oleh anak-anak saja tetapi kue satu ini juga di sukai orang tua, apalagi saat ini sudah semakin banyak varian rasa dorayaki yang bisa anda pilih sesuai selera anda sndiri .

Cara Membuat Dorayaki Dengan Sederhana

Bahan A:
– 1 sdt vanila
– 51 gr gula pasir
– 1 butir telur

Bahan B:
– 26 gr mentega di cairkan
– 2 sdm madu

Bahan C:
– 1 sdt baking powder/ penggembang
– 151 gr tepung terigu
– 1/4 sdt soda kue

Bahan D:
– 176 ml air

Cara Membuat;
1. Campurkan bahan A, lalu mix dengan kecepatan rendah sampaiw arna menjadi pucat.
2. Masukan bahan B, aduk hingga rata.
3. Masukan bahan C, sedikit demi sedikit
4. tuang bahan D dan aduk hingga rata dan tidak menggumpal, lalu diamkan selama 15 menit.
5. Panaskan telfon dengan api sedang yang cenderung kecil, setelah itu tuangkan adonan dengan menggunakan sendok sayurdan diamkan sampai adonan berlubang lalu di angkat.
6. Lakukan dengan berulang kali sampai adonan nya habis, untuk toping dapat di pilih sesuai selera.

Anda bisa mengambil satu dorayaki lalu di lumuri dengan menggunakan selai: coklat, green tea, keju, atau rasa lainnya di bagian tengah kue dorayaki. Setelah itu, berikan juga taburan keju di bagian atas dengan merata.

Setelah selesai, Kue dorayaki ini dapat anda masukkan ke dalam wadah agar dapat dinikmati bersama-sama dengan keluarga atau teman. Jangan lupa juga untuk  membagikan resep ini kepada teman atau pun sahabat anda.